Posted by : FEB UKSW Kamis, 21 Agustus 2014


(15/08/2014) Bermula dari kegiatan perkuliahan biasa yaitu Simulasi Bisnis dan Analisis Perancangan Sistem. Terdengar asing memang, ketika mengetahui dua mata kuliah ini membuat acara besar-besaran yang dinamai EXPO FEB 2014. Berbagai pertanyaan menggelitik benak mahasiswa maupun para dosen.
"Itu acara apa?", "Acaranya ngapain aja ya?", "Emang bisa ya Simulasi Bisnis dan Analisis Perancangan Sistem membuat pameran?", dan masih banyak lagi.

Yaaaaaaa... EXPO FEB 2014 ini sebagai wadah untuk mempresentasikan hasil kerja dari beberapa mata kuliah yang kebetulan tahun ini ada 2 mata kuliah yaitu mata kuliah APS (Analisis Perancangan Sistem) dan SimBis (Simulasi Bisnis). Baru ditahun 2014 acara EXPO ini diadakan dan FEB akan menjadikan acara ini sebagai agenda rutin fakultas. *asikkk!
Tujuan pelaksanaan acara sebenarnya untuk memotivasi mahasiswa yang memiliki potensi dalam bentuk inovasi serta ide-ide kreatif. Hal inilah yang pada akhirnya menjadi tugas dari para mahasiswa itu sendiri untuk mampu menunjukan dan mempresentasikan ke pasar FEB.
Kemeriahan acara ini diikuti oleh 22 kelompok yang terdiri dari 13 peserta APS dan 9 peserta SimBis.

Tri Budi Raharja selaku ketua kelompok SimBis mengungkapkan bahwa SimBis yang merupakan mata kuliah anak kewirausahaan ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa, “pada mata kuliah ini mengajari saya banyak hal tentang bagaimana untuk menjadi seorang entrepreneur, berbagai pengalaman saya dapatkan mulai dari  perancangan, magang, sampai tahapan realisasi di simulasi bisnis ini”. Sama halnya dengan Tri, peserta SimBis lainnya seperti kelompok 8 pun sangat bersemangat mengikuti acara ini, kelompok ini berharap agar acara yang menarik ini bisa diselenggarakan dalam skala yang lebih besar lagi. Hal ini menunjukan bahwa para mahasiswa pun sangat berantusias terhadap kegiatan yang ada. Sangat menarik bukan?
Selain SimBis ada pula mata kuliah yang tidak kalah menariknya dalam ajang ini yaitu APS. Melisa Septiana selaku ketua kelompok 9 APS dengan bisnis bertema Bon-Bon Bite ini mengemukakan bahwa manfaat dari APS ini adalah selain menambah pengetahuan dalam berbisnis, terkhusus APS ini mengajari tentang bagaimana merancangkan sesuatu dengan perancangan sistem yang baik. Kelompok ini juga menambahkan bahwa mereka berharap untuk kedepannya acara yang sangat membangun ini tetap diadakan setiap semester untuk menambah kreatifitas setiap mahasiswa FEB.

Acara yang berlangsung cukup singkat ini yaitu sejak pukul 09.00-15.00 yang ternyata meninggalkan kesan yang mendalam bagi Ibu. Lili Suharti selaku dosen dan Ketua Pelaksana SimBis 2014 ini. Beliau mengemukakan bahwa ternyata untuk menghasilkan acara sesukses dan semeriah ini tidak harus dengan persiapan yang lama, acara ini menunjukan bahwa dengan persiapan yang singkat namun sunguh-sungguh, praktis dan nyaris tanpa biaya ini dapat berjalan lancar dan tetap akan menarik selama apa yang ditampilkan itu memiliki nilai-nilai yang baik dan bermanfaat. Berbagai harapan pun diungkapkan oleh Ibu. Like selaku dosen dan Ketua Pelaksana APS 2014. “Saya berharap semakin kedepan semakin baik tentunya, terutama saya juga sangat berharap bermula dari acara-acara yang bermanfaat seperti ini dapat menjadi cikal bakal terciptanya mahasiswa yang sudah siap terjun ke dunia kerja dengan berbagai inovasi, ide-ide serta pengalaman yang siap mereka wujudkan nantinya.”


Semoga acara yang bermanfaat ini bisa terus diadakan dan mahasiswa FEB tidak lelah-lelahnya menciptakan ide-ide kreatif. ^^


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Kegiatan Terkini SDTF

Komunitas

Popular Post

- Copyright © Student Development Task Force - Powered by Blogger.com - Wibi - Web Team